Monday, July 10, 2006

Yang Datang dan Yang Pergi

Many people…
Walk,
Come,
Then go….
In our life.
But only few people…
That leave footsteps,
In our heart.


Adik kos saya bercerita bahwa dia mendapat tugas untuk menulis cerita dengan topik ”About Myself”. Cerita itu harus lengkap dari masa kecil sampai sekarang. Juga harus ada benang merah antara masa lalu dan masa sekarang sehingga membentuk jalinan cerita yang utuh tentang dirinya. Akhirnya saya pun ikut terinspirasi, mencoba menelusuri sejarah kehidupan saya sendiri.

Dari situlah kemudian saya menemukan betapa banyak peristiwa yang saya alami, baik suka maupun duka, baik biasa maupun luar biasa. Saya juga menemukan orang-orang yang telah memberikan pengaruh pada kehidupan saya, tidak hanya orangtua, keluarga tapi juga teman-teman saya, dan orang lain yang pernah memberikan pengaruhnya.

Saya baru menyadari, ternyata ada sangat banyak orang yang telah datang dalam hidup saya, ada yang kemudian singgah cukup lama, ada pula yang sekedar numpang lewat namun telah mempengaruhi saya dalam banyak hal. Dan juga banyak orang yang kini telah pergi dari kehidupan saya, pergi dalam arti kembali ke haribaanNya, maupun pergi karena kami sudah kehilangan kontak sama sekali:(

Saya bersyukur karena ada beberapa sahabat yang dulu telah kehilangan kontak, sekarang mereka datang lagi dalam kehidupan saya. Ada mantan rival saya dari SD sampai SMA, sejak lulus SMA saya kehilangan kontak dengannya. Dan alhamdulillah dua bulan yang lalu, dia menghubungi saya setelah mendapat nomor telp dari teman yang lain. Senangnya, setelah hampir lima tahun pergi, ternyata dia kembali lagi sebagai teman, bukan rival lagi :) Kalau sebagai rival, kali ini saya kalah telak deh, soalnya dia sudah sukses dan mapan. Ada juga tiga orang sahabat SMP, sejak lulus kami tidak bertemu. Dan alhamdulillah, sejak beberapa bulan yang lalu kami kembali dekat setelah berpisah selama delapan tahun!

Sedih juga kalau mengingat orang-orang yang telah pergi dari kehidupan kita. Meninggalnya eyang putri, sosok yang sangat dekat dengan saya. Juga kemarin ada berita teman SMA ada yang meninggal karena sakit. Dan saya juga teringat, ada sahabat SMP yang sudah seperti adik bagi saya, setahun yang lalu dia pindah alamat dan nomor telp tanpa meninggalkan pesan apapun :(

Namun, ada yang sangat saya syukuri, karena ternyata saya punya teman-teman sepanjang masa. Ada empat orang teman (meski masih ada beberapa yang lain) yang tetap dekat walaupun kami tinggal berjauhan, satu di Jakarta, dua di Yogyakarta, satu di bandung- alhamdulillah sekarang sudah dia pulang klaten lagi. Walaupun jauh dan nyaris tidak pernah bertemu, tapi kami masih saling mengontak, setiap ada peristiwa penting, masih sering saling curhat juga :) Tak terasa sudah delapan tahun kami bersahabat.

Aahh.... ternyata banyak sekali orang-orang yang datang dan pergi. Bahkan ada beberapa teman, yang hanya sebentar saya sempat mengenalnya, tapi sudah banyak memberikan pengaruh dalam hidup saya. Lima, sepuluh tahun lagi (kalau Allah memberi umur panjang) tentunya akan bertambah panjang daftar orang-orang yang telah berpengaruh dalam hidup saya.

Yang jelas saya sangat berterima kasih pada semua orang yang pernah datang dalam hidup saya. Kadang saya berpikir, seperti apa ya pandangan mereka tentang diri saya? Apa yang mereka kenang dari saya? Jangan-jangan tidak ada kenangan sama sekali atau yang ada hanya kenangan buruk? ah...sedihnya. sepertinya senang ya kalau kita bisa meninggalkan jejak (jejak yang manis tentunya) dalam hidup dan hati orang lain. Ayo berusaha.... selalu lakukan yang terbaik yang kita bisa untuk semua hal, semoga dengan itu Allah ridha dengan kita, juga orang lain akan ridha dengan kita, sehingga kita punya jejak dalam hati mereka...

Jadi ingat sepenggal tausiyah...

”wahai manusia, saat kau dilahirkan ibumu, kau menangis dan orang di sekitarmu tertawa. Berikan karya terbaikmu, sehingga kelak kau tersenyum bahagia saat orang-orang menangisi kepergianmu.”

No comments: