Sunday, March 19, 2006

Belajar....tanpa Henti

Alhamdulillah, hari ini banyak teman-teman yang wisuda. Jadilah saya menyempatkan diri menghadiri prosesi wisuda, supaya bisa bertemu teman-teman, sekedar ngasih ucapan selamat (sambil jualan bunga wisuda…. Nah lho…)

Seringkali kita menganggap bahwa wisuda merupakan akhir dari masa belajar kita. Sehingga, begitu lulus, rasanya malas untuk belajar, bahkan untuk sekedar membaca (menurut survey, minat baca penduduk Indonesia sangat rendah :( ).

Padahal, wahyu pertama yang turun (QS Al Israa:1-5), ayat pertama adalah “iqra” (arti secara bahasa adalah “membaca”). Dan kata iqra ternyata diulang sampai dua kali! Ini kan menunjukkan bahwa membaca itu penting banget! Dengan membaca kita bisa belajar tentang banyak hal yang belum kita ketahui, kata orang buku adalah jendela dunia.

Jadi kita tidak boleh berhenti belajar, apalagi berhenti membaca, karena menganggap kita sudah lulus. Wisuda bukanlah akhir segalanya. Justru merupakan awal perjalanan untuk membuktikan dan mengaplikasikan ilmu kita. Dan tentunya akan lebih optimal ketika kita terus belajar untuk memantapkan dan mengembangkan ilmu kita.

Buat teman-teman semua yang sudah diwisuda, Barokallahu fiik, semoga Allah memudahkan perjalanan antum, memberkahi aktivitas antum. Buat yang pulang kampong pasca wisuda, semoga Allah memberi kita kesempatan bertemu di episode belajar yang lain, jangan lupa saling mendoakan, semoga kita istiqomah di jalanNya…di belahan bumi yang manapun kita berada dan dalam kondisi apapun

No comments: