Wednesday, November 30, 2005

Back up Your Files!

Kapan terakhir kali anda membuat backup data computer? Dari hasil penelitian menyebutkan 90% pengguna computer di rumah tidak pernah membuat backup data-datanya, termasuk saya deh :)Padahal seandainya komputer kita rusak sehingga data di harddisk hilang semua, kita tidak bisa berbuat apa-apa jika kita tidak punya salinannya. Seperti yang dialami teman saya beberapa waktu yang lalu, ketika kompie-nya kena virus, semua data hasil penelitian TA-nya ga bisa diselamatkan :( sekarang saya jadi terinspirasi untuk buat salinan data.

Apa Yang Harus di backup?
Semua data yang ingin diselamatkan, baik dokumen, surat, foto, file musik sampai catatan keuangan

Di mana harus disimpan?
Salin data ke DVD, CD, harddisk eksternal atau USB flash drive. Bisa juga nyimpen data di internet, jadi kalo komputer terhubung dengan internet, bisa disimpan misalnya di www.streamload.com , di sini diberi jatah hingga 10GB secara GRATIS! (katanya sih begitu, kompie saya ga online, jadi saya sendiri belum pernah mencoba :D)

Kapan menyalin data?
Lakukan secara rutin, misalnya seminggu sekali. Simpan file secara rapi, biar mudah ditemukan saat kita mencarinya. Katanya lagi, ada program yang dapat melakukan pengorganisasian file secara otomatis, merekam hanya bila ada perbedaan data sejak terakhir kali dilakukan penyimpanan.

No comments: