Wednesday, November 30, 2005

Waktu Yang Tepat Untuk Hal-hal Tertentu

Ternyata,dengan memilih waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas tertentu, kita bisa memperoleh keuntungan terbaik dalam berbagai situasi & kualitas hidup juga dapat meningkat.

Beli daging dan sayur pukul 06.00-07.00 di pasar tradisional, pukul 10.00-11.00 di pasar swalayan dan hypermarket.
Pasokan daging dan sayuran segar selalu dikirim setiap pagi, baik di pasar tradisional maupun swalayan. Jangan lupa memilih daging berwarna merah cerah dengan aroma khas daging segar. Jangan beli daging dengan bercak kehijauan atau kehitaman, serta aromanya tidak sedap. Agar sayuran lebih tahan lama, bungkus dengan tisu dapur sebelum dimasukkan di lemari es. Bisa juga dimasukkan dalam plastik yang dilubangi di beberapa tempat.

Beli furniture di bulan November atau Desember
Menjelang hari raya, Natal, dan tahun baru, showroom mebel biasanya ramai dikunjungi, sehingga penjual mebel biasa menyetok lebih banyak dengan model lebih beragam. Selain itu, di akhir tahun sering digelar sale untuk menjual barang stok lama yang belum laku terjual, lumayan kan kalo dapat diskon?!

Beli mobil di akhir bulan
Dealer mobil biasanya memberikan harga lebih murah di akhir bulan untuk mengejar target penjualan, khususnya mobil bekas.

Renovasi rumah, di musim kemarau, April-Juli/Agustus
Renovasi rumah sebaiknya dilakukan di akhir musim kemarau agar pekerjaan tidak terganggu oleh hujan.

Rapat di Senin atau Selasa, pukul 09.00-11.00
Di awal pekan orang cenderung memiliki semangat baru, pikiran lebih fresh karena habis weekend. Hindari rapat pada hari Jumat, karena harinya pendek, dan biasanya mood seseorang sudah berada di weekend. Usahakan rapat saat pekerja memiliki energi yang tinggi, mulai pukul 09.00-11.00. Sesudah jam tersebut biasanya energi menurun, mendekati makan siang.

Cari kerja baru, di januari atau Juni/Juli
Biasanya perusahaan yang membutuhkan freshgraduate membuka penerimaan karyawan baru di awal atau pertengahan tahun. Tidak disarankan cari kerja di akhir tahun karena perusahaan sudah siap-siap tutup buku.

Beli rumah di bulan Februari/Maret, Juni/Juli, atau November/Desember
Di awal tahun biasanya harga rumah naik, karena meningkatnya permintaan. Februari/Maret, permintaan sepi, jadi harga cenderung turun. sekitar April, harga rumah cenderung naik 10%. bulan Juni/Juli pembelian rumah menurun, karena kesibukan tahun ajaran baru di sekolah, trus meningkat kembali di bulan Agustus.

Beli Parfum di siang/sore hari
Indera pembau kita bekerja maksimal pada siang dan sore hari. Untuk mencermati wangi asli parfum, semprotkan di tubuh anda, tunggu sekitar 10 menit.Trus janngan mencoba dua parfum dalam waktu berdekatan, karena indera pembau kita bisa salah mengenali aromanya

Beli kacamata di pagi hari
Mata kita masih segar di pagi hari, sehingga hasil pemeriksaan mata lebih akurat.Kalo tidak mendesak, pilih waktu menjelang hari raya, Natal,Tahun Baru, dan hari kemerdekaan, karena optic biasanya memberikan diskon khusus!

Minta naik gaji pukul 09.00 atau pukul 13.00. Hindari senin atau Jumat
“Pilih waktu dimana atasan betul-betul mendengarkan anda”. Bila atasan sedang badmood, tunda dulu permintaan anda. Ajukan permintaan di pagi hari sebelum atasan memulai aktivitasnya, atau siang hari setelah makan siang. Hindari hari senin karena hari senin adalah hari sibuk, juga hindari hari Jumat, karena mungkin atasan akan pulang cepat untuk weekend.
Siapkan data dan dokumen yang mendukung bahwa anda pantas mendapat kenaikan gaji, bukti keberhasilan kerja, survey mengenai gaji pegawai pada posisi anda, kondisi eksternal-misal kenaikan BBM :)

Beli bunga potong di pagi hari
Suplier bunga potong biasanya mengirim bunganya di pagi hari, jadi bunganya masih segar

Berlibur di Januari sampai Mei
Pada periode tersebut, biro perjalanan, travel, hotel, biasanya memberikan harga yang lebih murah karena permintaan turun. Permintaan meningkat pada akhir tahun dan pada liburan sekolah, sekitar bulan Juni-Juli

Disarikan dari Reader’s Digest Indonesia, Vol III No 12

Ada yang mau menambah daftar ini?

No comments: